Tambak udang

Tambak udang

 

Sebuah tambak udang adalah sebuah bisnis “aquaculture” dirancang untuk meningkatkan dan memproduksi udanglaut atau prawn untuk konsumsi manusia. Pertambakan udang komersial dimulai pada 1970-an, dan produksi tumbuh dengan cepat, terutama untuk memenuhi pertumbuhan permintaan Amerika SerikatJepang, dan Eropa barat. Produksi global total dari udang tambak mencapai lebih dari 1,6 juta ton pada 2003, mewakili hampir 9 miliar dolar AS. Sekitar 75% udang tambak diproduksi di Asia, terutama di Cina dan Thailand. 25% sisanya diproduksi di Amerika Latin, di mana Brazil merupakan produsen terbesarnya. Negara pengekspor terbesar adalah Thailand.

Pertambakan udang telah berubah dari bisnis tradisional, skala-kecil di Asia Tenggara menjadi sebuah bisnis global. Kemajuan teknologi telah mendorong pertumbuhan udang dengan kepadatan yang lebih tinggi, dan broodstockdikapalkan ke seluruh dunia. Hampir seluruh udang yang dikembangkan adalah penaeid (yaitu, udang dari familiPenaeidae) dan hanya dua spesies udang — Pacific White Shrimp dan Giant Tiger Prawn; hampir mencakup 80% dari seluruh udang yang dikembangkan. Industri monokultur ini sangat mudah terserang penyakit, yang menyebabkan beberapa pemusnahan dari populasi pertambakan udang. Peningkatan masalah ekologi, terjadinya penyebaran penyakit berkali-kali, dan tekanan dan kritikan dari NGO dan negara konsumen mengubah industri ini pada akhir1990-an dan biasanya pengaturan yang lebih ketat dari pemerintah. Pada 1999, sebuah program yang ditujukan pada pengembangan dan promosi praktik pertambakan yang lebih terjamin dilaksanakan, termasuk badan pemerintah, wakil industri, dan organsiasi lingkungan.

About the author: ALTAquaTech.@

Has one comment to “Tambak udang”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Rahhouba - April 5, 2015 at 8:57 pm Reply

    apakah pemberian pupuk peynbuur SUPERNASA. Per 10 liter air + SUPERNASA 1 sdm + NATURAL GLIO 1 sdm + Urea atau NPK 1 sdm pada saat tanam atau sebelum tanam, dan apakah pupuk urea,SP36 atau NPK tidak bedampak negatif pada tanaman nilam bila dikocorkan lansung ke batang..apakah kesuburan tanaman tetap baik apabila tanpa tambahan Urea atau NPK. (Per 10 liter air + SUPERNASA 1 sdm + NATURAL GLIO 1 sdm)saja soalnya saya dapatkan ada 2 kasus pemakaian Urea pada tanaman nilam dan mempunyai dampak negatif masing2, 1. daun kuning 2. mati. trima kasih sebelumnya pak haris, salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published.